Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kekerasan yang terjadi belakangan ini tentunya menjadi tanggung jawab semua pihak terutama keluarga yang tentunya menjadi cikal bakal untuk mencegah anak untuk menjadi pelaku kekerasan di masa mendatang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengatakan “Pemerintah dalam mencegah dan memerangi maraknya kasus kekerasan pada anak yang terjadi belakangan ini sebagai bentuk tantangan yang harus segera diselesaikan bersama.” Kata Yohana Yembise.

Lanjutnya beliau berpesan “Masyarakat harus sadar tentang pentingnya keluarga dan dalam melindungi anak, terciptanya masyarakat yang saling peduli dan sensitif terhadap berbagai tindak kekerasan untuk mencegah secara dini terjadinya kekerasan terhadap anak guna mewujudkan kehidupan damai” ungkap Yohana Yembise.

Langkah pencegahan kekerasan yang kerap terjadi kepada anak antara lain dapat meliputi beberapa hal:

Pola Pengasuhan
Mendidik anak sejak dini dengan memberi kebebasan dalam mengembangkan potensi anak sesuai minat dan bakat melalui Kecerdasan Emosional dengan kata lain kita dapat mendidik anak dengan tidak memberikan contoh perilaku yang sejatinya mengajarkan kekerasan seperti memukul anak yang melampaui batas dan atas dasar emosi orang tua.

Komunikasi
Pada era teknologi dan serba gadget seperti saat ini komunikasi didalam keluarga tentu sangat penting dimana komunikasi antara orang tua dengan anak akan membangun kasih sayang dan membuat anak kelak akan selalu terbuka kepada orang tua apa yang dia dapatkan dari dunia luar.

Mengawal Penegakan Hukum
Hukum yang memberikan efek jera bagi pelaku serta secara bersama dan terbuka untuk memantau proses penegakan hukum terhadap pelaku kekerasan dapat membatasi gerak para pelaku kekerasan di masa mendatang.

Peran Serta Lembaga Pendidikan
Lembaga pendidikan sebagai keluarga kedua dari anak tentunya berperan penting dalam memberikan edukasi yang membatasi gerak perilaku kekerasan dari berbagai model seperti Cyber Bullying dengan berkerjasama dengan orang tua untuk selalu memantau perilaku anak dalam berkecimpung di media sosial atau internet.

Selain itu peran serta pendidik dengan orang tua murid agar secara intens dapat terus berkomunikasi mengenai pembekalan kepada anak mengenai keterampilan dan perilaku positif dalam kehidupan sehari-hari.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

LEAVE A REPLY