Kanker adalah penyakit yang sudah cukup familiar dikalangan kita. Penyakit ini tidak mengenak usia, dari mulai bayi hingga usia uzur dapat terkena penyakit ini.

Penting sekali untuk mengenal kanker ini lebih dalam lagi sebagai salah satu upaya agar terhindar dari penyakit ini.

Sehubungan dengan ini POMG SDI Harapan Ibu, pada pekan seminar hari ke-4, Kamis kemarin lusa (24/11), mengangkat tema mengenali kanker pada anak sejak dini ini. Dihadirkan ditengah-tengah wali murid, dr. Edi Setiawan Tuheteru, SpA.(K) dari Yayasan Kanker Indonesia.

Dr. Edi menjelaskan bahwa kanker pada anak berbeda dengan kanker yang dijumpai pada orang dewasa. Kanker pada orang dewas dapat dicegah, sementara pada anak tidak. Perlu diketahui bahwa pola hidup dan makan yang sehat tetap harus diajarkan kepada anak-anak sejak usia dini. memang bukan bertujuan untuk mencegaj kanker yang dapat timbul pada usia anak-anak, namun untuk mencegaj agar pada saat anak-anak ini menginjak usia dewasa, mereka dapat terhundar dari berbagai jenuis kanker yang biasanta menyerang orang dewasa.

“The International Union Againts Cancer, atau lebih dikenla denagn UICC, menganjurkan kepada orangtua agar mengajarkan anak-anak, antara lain untuk tidak meroko, makan dengan pola gixi seimbang, dan mengikuti program imunisasi yang berlaku di negara masing-masing”, ditambahkannya dr.Edi kepada audiens seminar.

Sebelum penutup materi seminar pagi itu, dr. Edi menekan kepada wali murid jika mencurigai anaknya terkena kanker, sebaiknya orangtua segera membawanya ke rumah sakit. Harus dikonfirmasi apakah gejala yang dijumpai adalah benar kanker atau bukan.

Perbanyaklah tawaqal dengan menjaga sholat dan doa kita kepada Allah SWT, agar Dia selalu menjaga kita dari segala macam penyakit.AAmiin. (Imas Ch)