Rabu, 21 Februari 2018 SMP Islam Harapan Ibu Fieldtrip ke Danau Telaga Warna. Disana siswa dan siswi dapat melihat dan menyaksikan sendiri perbedaan warna air pada Danau dari mulai berwarna hijau, kuning sampai berwarna putih, layaknya Pelangi. Fenomena ini terjadi karena air telaga mengandung sulfur yang cukup tinggi, sehingga saat matahari mengenai air , warna danau menjadi berwarna warni. Telaga warna ini merupakan telaga terluas yang ada didataran tinggi Dieng.

Siswa juga diberikan penjelasan asal usul terjadinya danau telaga warna oleh Pemandu . Menurut legenda didaerah ini terdapat sebuah kerajaan Kutatanggeuhan . Kerajaan ini dipimpin oleh prabu Suwartalaya dan Ratu Purbamah. Mereka mempunyai seorang putri yang sangat disayang dan dimanja bernama Gilang Rukmini. Ketika kerajaan sedang merayakan ulang tahun putri yang ke-17, sang putri marah dan membuang hadiah  permata dan kalung emas yang diberikan kepadanya.Tindakan yang dilakukan putri membuat ratu dan penduduk menangis sehingga muncul mata air yang menenggelamkan kerajaan dan membentuk danau.

Selain itu Pemandu juga memberitahukan disekitar telaga terdapat bererapa goa  diantaranya goa semar, goa pengantin dan goa eyang kumalasari. Namun goa yang paling banyak dikunjungi adalah goa semar, karena goa ini mempunyai kolam kecil yang dipercayai bahwa airnya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan dapat membuat awet muda.