Sejumlah siswa sekolah dasar (SD) menggunakan masker saat upacara di sekolah mereka, SD 03 Koto Tuo Pulutan, Kab.Limapuluhkota, Sumatera Barat, Senin (14/9). Pemkab setempat sudah membagikan 180 ribu masker yang diprioritaskan kepada anak-anak untuk mengantisipasi Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), menyusul kabut asap yang membuat penderita penyakit itu meningkat dari 260 orang pekan lalu, menjadi 290 orang. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/pd/15
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Harapan Ibu – Anak-anak yang berada di Asia Selatan dominan hidup pada lingkungan dengan tingkat polusi udara 5 kali melebihi standar internasional kenormalan polusi udara yang telah ditentukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Berdasarkan data yang ada pada UNICEF kiranya 300 Juta anak dan diantaranya sebanyak 220 juta tinggal di kawasan Asia Selatan hidup pada lingkungan tersebut.

Polusi udara merupakan faktor utama penyebab kematian pada 600.000 anak yang berusia kurang dari lima tahun selain itu polusi udara juga menjadi salah satu pemicu pneumonia (radang paru) seperti yang dijelaskan oleh Anthony Lake (Direktur eksekutif UNICEF).

pada 7-18 November 2016 UNICEF mengundang hampir 200 pemerintahan di seluruh dunia di maroko untuk membahas mengenai perihal pemanasan global, membatasi penggunaan energi fosil demi peningkatan kualitas kesehatan dan memperlambat perubahan iklim.

Secara global, WHO polusi udara luar ruang setidaknya telah membunuh 3,7 juta orang pada tahun 2012 dimana 127.000 diantaranya anak berusia kurang dari 5 tahun. Faktor utama yang menyebabkan polusi udara luar pada saat ini disebabkan oleh Pabrik, pembangkit energi, dan kendaraan yang menggunakan bahan bakar energi fosil, debu dan sisa pembakaran.

Sementara itu polusi udara dalam ruang, biasanya dapat ditemukana pada pemukiman pedalaman atau masyarakan dari kelompok ekonomi kelas bawah dimana masih menggunakan kayu atau batu bara untuk memasak. Polusi dalam ruang itu sendiri pada tahun 2012 telah menyebabkan kematian sebanyak 4,3 juta dengan 531.000 diantaranya anak-anak balita.

(Nisrina Darnila, Sumber : nationalgeographic.co.id, Lusia Kus Anna, Kompas.com;Reuters)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.