Enter your keyword

post

FIELDTRIP KAMPUNG INGGRIS SMP ISLAM HARAPAN IBU 2020

FIELDTRIP KAMPUNG INGGRIS SMP ISLAM HARAPAN IBU 2020

Dalam rangka Field Trip, SMP Islam Harapan Ibu menyelenggarakan perjalanan ke Kampung Inggris, Pare, Kediri, Jawa Timur untuk mengikuti kursus Bahasa Inggris. Field Trip kali ini merupakan kegiatan pertama kali yang dilaksanakan di Pare. Kegiatan ini diikuti oleh 37 siswa dan 6 guru pendamping serta 1 security. Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan selama 9 hari, 22-30 Januari 2020.

Tujuan kegiatan ini dilaksanakan ialah untuk menambah wawasan pada peserta didik mengenai keterampilan dalam berbahasa Inggris secara fun dan merasakan atmosfir yang berbeda di area kampung Inggris. Di samping menggali dan mengasah bahasa inggris, siswa belajar mandiri, belajar kebersamaan, bersosialisai dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar dengan tetap mengedepankan akhlak mulia, Selain itu, bukan sekedar jalan-jalan semata, tetapi diharapkan sepulang dari Pare, bisa diterapkan pembelajaran bilingual bahasa inggris yang sudah pernah dilakukan saat berada di kampong inggris.

Para siswa akan mengikuti kegiatan belajar dari tanggal 23 – 29 Januari 2020. dari pukul 05.00 – 21.00 WIB.Bahkan pada hari sabtu dan minggu siswa tetap belajar seperti biasa Segala persiapan mendasar telah disiapkan oleh masing-masing siswa. Peserta akan mendapatkan beberapa fasilitas saat di Pare, Kediri, yakni laundry sebanyak 5x, makanan dalam bentuk prasmanan 3x sehari dan 1 x snack serta penginapan untuk siswa putra dan siswa putri.

Nantinya, siswa-siswa ini akan dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan kemampuan mereka. Para siswa ini akan diberi sebuah tes tertulis dan wawancara untuk membagi pengelompokannya Materi yang akan dipelajari oleh peserta yakni speech, grammar, vocabulary dan expression.Hari pertama siswa sudah diajarkan membuat pidato (speech) dengan variasi gaya untuk mempermudah dalam menghafalkannya. Setelah solat subuh, dzuhur dan magrib, siswa bergiliran tugas melakukan MC dan speech.

Setiap harinya siswa diajarkan grammar, vocabulary dan expression. Agar tidak menjadi pelajaran yang membosankan siswa diberikan games, dan hadiah bagi siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dari tutor. Siswa juga diwajibkan berbahasa inggris sepanjang hari sehingga terbiasa. Siswa juga dilatih keberaniannya dengan cara mewawancarai orang disekitar kampung inggris. Dihari terakhir siswa diajarkan dan dilatih melakukan performance untuk farewell party. Siswa ada yang ditugaskan sebagai MC, membaca Qur’an dan terjemahan, puisi, pidato , menyanyi, bercerita dalam Bahasa inggris. Alhamdulillah serangkaian kegiatan fieldtrip kampung inggris telah berjalan dengan lancar, semoga tahun depan bisa diadakan  kembali fieldtrip ke kampong inggris dengan persiapan dan kegiatan yang lebih baik.

Leave a Reply