Kegiatan HI-COM merupakan agenda tahunan wajib yang biasa diselenggarakan oleh SMP Islam Harapan Ibu. Tahun ini adalah HI-COM yang ke XVIII.  Kegiatan ini merupakan ajang kompetisi dan menyalurkan bakat siswa dibidang olahraga, keterampilan, agama dan pengetahuan yang diikuti sekitar 30 sekolah sekolah SD dan SMP di Jakarta Selatan dan sekitarnya. Berbeda dengan tahun sebelumnya, HI-COM kali ini tidak hanya menyelenggarakan lomba futsal dan qiroat, tetapi ada variasi lomba yaitu lomba Try Out UNBK untuk tingkat SD dan lomba PBB untuk tingkat SMP.

Kegiatan dimulai dengan perlombaan Try Out yang diselenggarakan pada hari seni

n tanggal 11 November 2019. Perlombaan ini diikuti oleh 4 sekolah yaitu SDI Harapan Ibu, SD Niaga Ekasari, SDN Pondok Pinang 10 dan SDN Lebak Bulus 02 dengan total peserta 222 orang. Dalam pengerjaan soal Try Out peserta dibagi menjadi 3 sesi yaitu sesi 1 pukul 08.00 – 09.30, sesi 2 pukul 10.00 – 11.30 dan sesi 3 pukul 12.00 – 13.30. Perlombaan Try Out kali ini berbasis komputer dengan menggunakan aplikasi MOODlLE. Sebelumnya masing-masing peserta sudah diberikan username dan password ketika mengikuti technical meeting. Siswa juga tidak perlu membawa laptop ataupun gadget, karena kami telah menyediakan laptop untuk menunjang kegiatan Try Out berbasis komputer. 

Pada hari  Rabu, 16 Januari 2019 ,pukul 09.00 acara pembukaan Kegiatan HI-COM dilaksanakan di lapangan Hall Soerjo .Pembukaan dihadiri oleh direktur sekolah, Pembina dan Sekretaris Yayasan, Pimpinan dari unit TK- SMA, para guru dan siswa panitia dan peserta lomba. Pembukaan HI-COM kali ini ada yang berbeda, dan cukup menarik banyak perhatian para tamu dan peserta yang hadir karena ditampilkannya tarian Kreasi Tradisional yang dibawakan oleh siswa putri kelas 7,8 dan 9. Hal ini kami lakukan untuk memperkenalkan ekskul terbaru SMP Islam Harapan Ibu yaitu tarian tradisional. 

Setelah acara pembukaan , dilanjutkan dengan perlombaan Peraturaan Baris Berbaris (PBB) tingkat SMP. Perlombaan PBB diikuti oleh 3 sekolah yaitu SMP Islam Harapan Ibu, SMP Magna Bakti dan MTSN 39. Kami tetap melaksanakan pelombaan PBB walau hanya ada 3 sekolah, karena perlombaan ini tidak terkenal dan belum pernah diselenggarakan oleh sekolah tingkat SMP di Jakarta Selatan. Kami berharap dengan diadakan lomba ini, kami akan menjadi sekolah pioner untuk membangkitkan keterampilan PBB siswa. 

Pertandingan futsal diselenggarakan selama 3 hari, yaitu pada tanggal 12 – 14 November  2019. Pertandingan ini diikuti oleh 12 Sekolah Dasar dan 15 Sekolah Menengah Pertama.  Kami menggunakan 2 lapangan yaitu lapangan dalam untuk pertandingan futsal tingkat SD dan lapangan luar untuk pertandingan tingkat SMP. Perlombaan ini berjalan dengan kondusif, walaupun ada bebrapa sekolah yang membawa banyak sporter untuk memberi semangat kepada peserta pertandingan.

 Sedangkan untuk perlombaan Qiroat diselenggarakan pada hari Rabu, 13 November 2019. Perlombaan diikuti oleh 4 sekolah yaitu SDI harapan Ibu, SD Niaga Ekasari, SDN Lebak Bulus 02 , dan SDN Pondok Pinang 10. Baik tahun ini maupun tahun sebelumnya, kepanitiaan OSIS disambut sangat positif dan antusias oleh para siswa.   Kami berharap dengan kegiatan HI-COM ini siswa OSIS mampu berkerjasama, mandiri, disiplin , dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya,  Hal inilah yang ingin ditanamkan sekolah kepada siswa SMP Islam Harapan Ibu.

 

Try Out UNBK

Juara 1                      : Virdhanu Prabaswara FruliantoSD Islam Harapan Ibu

Juara 2                      : Nur Rachmah Rayna IzzataSD Islam Harapan Ibu

Juara 3                      : Abdurrahman Harits GunawanSD Islam Harapan Ibu

Futsal Putra SD

Juara 1                       : SD Islam Harapan Ibu

Juara 2                       : SD High Scoope

Juara 3                       : SDN Rempoa 01

Juara Harapan             : SD Muhammadiyah 28

Futsal Putra SMP

Juara 1                       : SMP Al Fajar

uara 2                        : SMP Makarya

Juara 3                       : SMP Muhammadiyah 28

Juara Harapan             : SMP Alam Bintaro

Qiroat

Juara 1                         : Fatin Azka Yusuf dari SD Islam Harapan Ibu

Juara 2                         : Gavin lordi N dari SD Islam Harapan Ibu

Juara 3                         : Nirbita Suci Talitha dari SDN Lebak Bulus 02

Para pemenang akan mendapatkan piala dan uang kegiatan untuk memotivasi agar mereka mampu berprestasi lebih baik lagi. Penghargaan tersebut akan diberikan pada penutupan HI-COM. Acara penutupan HI-COM kali ini, kami adakan di AULA Yayasan Lantai 3. Alhamdulillah acara penutupan bisa berjalan dengan lancar dan lebih kondusif dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, karena memakai tempat AULA Yayasan Islam Harapan Ibu, yang memang telah didesain khusus untuk acara resmi.