Menjelang Ujian Nasional, Rabu 8 Maret 2015 SMA Islam Harapan Ibu mengadakan rangkaian kegiatan khatam alQuran, doa bersama, dan santunan anak yatim. Sebelumnya, selama tiga tahun menempuh pendidikan di SMA Islam Harapan ibu, siswa ditargetkan untuk menghatamkan alQuran dengan mengikuti tadarus pagi sebelum memulai pelajaran. Target tersebut dimulai dari kelas X dengan membaca juz 1 sampai juz 10, kelas XI dari juz 11 sampai juz 20, dan kelas XII dari juz 21 sampai dengan juz 30.

Sebelum menghatamkan Quran siswa kelas XII melaksanakan shalat terlebih dahulu dengan diawalai oleh shalat taubat untuk meminta ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa yang telah diperbuat. Setelah itu, dilanjutkan dengan shalat hajat dengan memohon agar dilancarkan dalam ujian dan seluruh siswa kelas XII SMA Harapan Ibu dapat lulus dengan baik. Shalat terakhir yakni shalat dhuha agar Allah SWT senantiasa memberikan rejeki yang halal. Setelah melaksanakan serangkaian shalat, kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan alQuran yang dimulai dari surat atTakatsur sampai surat anNas.

Setelah mengkhatamkan alQuran, kepala sekalah, Bapak M Habsy Hotib, S.Si,SE,MA menyampaikan pengarahan mengenai Peraturan Menteri No. 15 Tahun 2015 yang didalamnya menyatakan bahwa jika nilai UN tidak lulus pada mata pelajaran tertentu, maka dapat mengulang kembali tahun depan hanya untuk pelajaran tersebut. Selain kepala sekolah, pengarahan juga disampaikan dari pihak yayasan yang diwakili oleh Brijen H. Bambang Prajuritno dan Kabid Pendidikan Dra Susiloningsih M.Pd. Rangkaian acara ini ditutup dengan menunjungi Panti Asuhan Darul Aitam untuk meberikan santunan kepada anak Yatim yang berada di panti asuhan tersebut. Santunan yang diberikan merupakan hasil uang saku siswa kelas XII yang disisihkan untuk beramal. Kegiatan ini pun dikoordinasi langsung oleh siswa-siswi kelas XII yang memberikannya langsung kepada para anak yatim di Panti Asuhan Darul Aitam dengan harapan doa dari para anak yatim tersebut dapat melancarkan ujian nasional yang akan dilaksanakan.