Pergi ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji merupakan karunia Allah SWT., yang menjadi dambaan setiap muslim. Predikat “ Haji Mabrur “ yang tiada balasan baginya kecuali Al Jannah tak urung sebagai target utama dari kepergian ke Baitulloh. Alangkah efektif dan bermanfaat apabila kita memberi kesempatan lebih dini kepada anak-anak, melalui pemberian rangsangan pendidikan berupa pengenalan ibadah haji.

Melalui kegiatan Manasik Haji yang dilaksanakan tanggal 31 agustus 2019 lalu, anak-anak mendapatkan gambaran mengenai apa dan bagaimana sebenarnya ibadah haji itu serta rangkaian kegiatan apa yang harus dilakukan di dalam prosesi ibadah tersebut. Dengan adanya pemberian rangsangan ini, tentu kemampuan anak juga akan cepat terangsang daya pikirnya, dan mereka akan selalu berusaha mencari tahu jawaban pertanyaan “ mengapa “ tentang materi (pelajaran ) yang diberikan, berkaitan dengan ibadah haji.

Sebagai langkah awal yang baik yaitu pemberian rangsangan pendidikan seperti pengenalan ibadah haji kepada anak-anak usia pra sekolah ( 4-6 tahun ). Insya Allah nantinya bisa sangat berarti dan akan berguna kelak jika mereka telah dewasa dan berkeinginan (niat) untuk melaksanakan ibadah haji.

Untuk itu kami TK Islam Harapan Ibu akan mengadakan kegiatan manasik haji cilik yang merupakan salah satu program tahunan yang di laksanakan di TK Islam Harapan Ibu dengan tujuan menanamkan rasa syukur kepada Allah SWT. Selain itu juga bahwa mengenalkan pelaksanaan haji sejak dini tidak hanya materi tapi juga praktek bagaimana pelaksanaan ibadah haji tersebut, karena dalam manasik haji diberikan materi dan langsung dipraktekkan seperti niat haji, bacaan talbiyah, bacaan wukuf, bacaan ketika jumroh, bacaan tawaf, makam Ibrahim, minum air zam-zam, sai dan tahalul. -tim KBTK-