Manasik Haji Anak-Anak

Haji adalah merupakan rukun islam yang ke lima. Ibadah haji adalah wajib bagi seluruh kaum muslimiin yang memiliki kemampuan secara finansial, fisik dan aman dalam perjalanan. Mereka yang mampu menunaikan ibadah haji merupakan manusia manusia pilihan yang memang berniat bersih serta karana alasan Allah semata sehingga dilancarkanlah jalan menuju kegiatan Haji tersebut.  Kita berharap dan optimis panggilan Allah datang kepada kita untuk menunaikan ibadah haji menjadi nyata, sehingga kita kelak dapat melaksanakan ibadah haji sesuai tuntunan yang benar dan kita kembali ke tanah air dengan membawa amanat “Haji Mabrur”. Aamiin.

Dilandasi keinginan kuat untuk melayani serta memberikan pendidikan agama yang terbaik untuk para peserta didik di lingkungan  Toddler-Play Group-TK Islam Harapan Ibu  dan sebagai langkah awal pemberian rangsangan pendidikan ; yaitu  pengenalan ibadah haji kepada anak-anak usia pra sekolah ( 4-6 tahun),  yang memang Insya Allah akan lebih efektif dan  sangat bermanfaat  apabila  sejak dini, anak-anak diberi kesempatan mengenal apa dan bagaimana  ibadah haji serta rangkaian kegiatan yang harus dilakukan di dalam prosesi ibadah haji tersebut, maka Unit TK Islam Harapan Ibu membuka kegiatan Manasik Haji Cilik dengan mengajak beberapa  TK  yang ada di wilayah Kecamatan Kebayoran Lama, Fatmawati, Rempoa serta Bintaro untuk bergabung bersama sama mengikuti kegiatan Manasik Haji Cilik 2015. 

Kegiatan Manasik Haji Cilik ini bertujuan:

manasik-haji-tk-3Untuk  menanamkan nilai dan norma keagamaan yang kuat sejak dini.  Melalui peragaan manasik haji cilik ini diharapkan anak-anak dapat mengenal dan mengerti tata tertib haji nantinya

Selain  menanamkan  rasa  syukur  kepada   Allah SWT,  juga  mengenalkan  pelaksanaan  ibadah  haji ; baik  melalui  materi  dan  praktek  langsung  kepada  anak-anak.

Selain itu, tujuan kegiatan Manasik Haji Cilik ini juga sebagai ajang untuk lebih mempererat ukhuwah Islamiah,  antara sesama  siswa, guru, orangtua murid TK Islam Harapan Ibu dengan sekolah-sekolah  TK lain di lingkungan sekitar.

Dari pukul 07.00 pagi sudah terlihat siswa siswa dari beberapa sekolah tampak diantar para orang tua masing masing dengan  menggunakan kain ihrom untuk laki laki serta baju muslim putih putih untuk anak anak perempuan tampak menunggu ibu guru serta teman lainnya berkumpul. Suara Talbiyah lembut terdengar dari pelataran pintu gerbang sampai di kelas serta di halaman dalam Sekolah Islam Harapan Ibu.  Kegiatan Manasik Haji Cilik 2015 ini diawali dengan kegiatan daftar ulang serta memberikan tanda Kloter di setiap TK yang datang yang hanya diperbolehkan untuk di damping oleh para guru pendamping. Hal ini dimaksutkan agar anak anak semakin mandiri dan tertib sekaligus juga belajar  kusyu beribadah  tanpa harus bergandengan dengan para orang tua masing masing.

manasik-haji-tk-2

Setelah sesi poto persekolah  di depan Ka’bah yang kokoh berdiri di Lapangan  Basket maka setiap kloter di pandu menuju ruangan aula TK untuk  sholat 2 rokaat berniat berangkat haji. Sambil duduk bersama menunggu para peserta lain yang blom datang atau belum lengap,  anak anak di ajak untuk melihat video kartun  tentang cerita Nabi Ibrahim serta Nabi Ismail serta ketoataan nya kepada Allah SWT.    Kurang lebih pukul 08.25 kegiatan di buka dengan membaca  Alfatihah serta sambutan selamat datang kepada para peserta Manasik Haji Cilik 2015  yaitu TK Vidya Nur Iman, TK Alifa, TK Istiqomah, TK Wahyu, TK Mekar Civi, TK Asyifa, TK Nurul Fajri, TK Fantasia, TK ArRidhlo, TK Mutiara Insani yang hari itu telah percaya dan bergabung dengan TK Islam Harapan Ibu untuk sama sama belajar dan membimbing para peserta didik mengenalkan prosesi kegiatan  dan perjalanan Haji.

Alhamdulillah kegiatan Manasik Haji 2015  ini berjalan lancar tanpa kendala yang berarti. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah  bahu membahu  memberikan support tenaga, bantuan serta doa hingga terlaksannya kegiatan Manasik Haji 2015 ini  Terima Kasih kepada  seluruh pengurus Yayasan Harapan Ibu kepada Ketua Pembina YHI Bapak H KRMH Soerjo Wirjohadipoetro, kepada Anggota Pengawas YHI Hj Ibu Siti Sendiasih, S.H M.Kn, kepada Ketua Pengurus YHI Bapak  H. M Indra Wargadalem S.H MBA, kepada  Sekretaris I YHI  Bapak H Bambang Prajuritno S.H, Kepada Ka BidPen Bapak Gordo Mikordo P,  serta kepada Sekretariat YHI Bapak  Mulyanto, SH  yang telah hadir memenuhi undangan serta memberikan support untuk kelancaran pelaksanaan Manasik Haji Cilik 2015 kali ini.  Jabat erat serta trima kasih banyak  kepada  Ka SDI HI Bapak Drs H Mahmudi beserta seluruh jajarannya  yang selalu mendukung, serta memberikan bantuan baik moril maupun material  untuk pelaksanaan kelancaran kegiatan tersebut. Semoga Allah SWT memberikan petunjuk, kelancaran, kesuksesan penuh manfaat kebarokahan untuk niat baik yang kita langkahkan demi anak anak generasi mendatang.

Aamiin…

di tulis oleh : Peni Larasati (Kepala Sekolah KB-TK SIHI)