Enter your keyword

post

Manasik Haji Diajarkan Sejak Dini – SD Islam Harapan Ibu

Manasik Haji Diajarkan Sejak Dini – SD Islam Harapan Ibu

Ibadah haji termasuk dalam rukun Islam yang harus dilaksanakan bagi yang mampu secara financial. Ibadah ini sendiri sudah dikenalkan sejak kita kecil dalam pelajaran agama baik secara formal maupun non-formal. Apakah itu di sekolah, madrasah/masjid dekat rumah, atau bahkan di rumah sekalipun yang diajarkan langsung oleh orang tua masing-masing.

SD Islam Harapan Ibu mengkategorikan materi manasik haji ini sebagai hal yang penting, untuk itu materi ini tidak hanya dikenalkan secara teori tetapi juga dipraktekkan dan memang merupakan bagian dari kurikulum agama di SD HI ini.

Adapun praktek manasik haji ini ditujukan bagi kelas empat (4). Siswa-siswi mempraktekannya persis seperti yang dilakukan oleh para jamaah ketika berhaji di Baitullah. 

Kain ihram membalut tubuh siswa-siswa dan tentu siswi-siswi pun memakai pakaian tertutup selayaknya para jamaah asli. Setiap urutan dan tata cara berhaji mereka lakukan disertai penjelasan dari para guru berperan sebagai pembimbing haji. Tak lupa juga ada guru yang berperan sebagai ustadz yang memberikan tausyiah. Hal yang seru adalah ketika mereka melempar jumrah. Nampak dari ekspresi wajah mereka bahwa mereka sedang memerangi setan dengan melemparkan kerikil-kerikil yang sudah mereka bawa.

Harapan para guru dengan adanya pengenalan dan praktek haji sejak dini ini sebagai langkah awal dalam pembekalan mereka berhaji nanti dan semoga kelak mereka dapat benar-benar menyempurnakan rukun islam yang terakhir ini. Aamiin.

Leave a Reply