Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Siswa dan siswi SMP Islam Harapan Ibu melakukan beberapa kegiatan lomba antar kelas dan melakukan upacara tahunan. Sebelum melaksanakan lomba-lomba tersebut seluruh siswa dan siswi SMP Islam Harapan ibu melakukan pemanasan. Lomba tersebut terdiri dari :

Tarik Tambang

Siswa dan siswi saling membantu untuk menarik tali yang sudah disiapkan oleh panitia. Tarik tambang ini saling mengadu kekuatan antar kelas.

Memasukkan Pensil kebotol

Lomba ini terdiri dari 4 orang dalam 1 tim, dimana tiap orang diikatkan tali pada pinggang mereka kemudian tali ini diikat menjadi satu ke sebuah pensil. Kemudian pensil yang sudah diikat harus dimasukkan kedalam botol yang sudah disediakan. Pada lomba ini melatih kekompakan antar tim.

Tendang Kaleng

Setiap peserta diikatkan botol diantara kedua kaki mereka kemudian botol ini yang digunakan untuk menendang kaleng yang ada didepan mereka sampai kegaris finish. Peserta yang pertama bisa membawa kaleng tersebut kegaris finish, maka akan menjadi pemenangnya.

Lari Karung

Setiap peserta berlomba-lomba lari menggunakan karung yang sudah disiapkan. Peserta yang pertama menyentuh garis finish, maka keluar menjadi pemenangnya.

Menggunakan Seragam

Tiap-tiap perserta berlomba-lomba untuk menggunakan seragam SMP Islam Harapan Ibu dengan cepat. Yang tercepat akan keluar sebagai juara.

Pemenang dari lomba-lomba tersebut akan mendapatkan hadiah. Selain mengadakan lomba SMP Islam Harapan Ibu juga melakukan kegiatan rutin tahunan yaitu upacara bendera.