Batik  adalah salah satu warisan budaya kita. Sebagai orang Indonesia kita mesti bangga dengan semua ragam budaya yang kita miliki. Tidak hanya berbangga dengan ragam budaya kita tapi kita juga mesti melestarikannya. Itulah yang mest kita tanamkan dengan generasi penerus kita sedari dini.

Alhamdulillah, pada kesempatan kali ini kami bisa memperkenalkan budaya batik kepada anak-anak didik kami.

Waahhh… ternyata mereka sangat tertarik dan terpesona dengan beragam corak batik. Kegiatan kita dalam peringatan hari batik ini sangat aneka ragam diantaranya adalah sebagai berikut:

Jumputan adalah kegiatan yang sangat menarik perhatian anak-anak .Mereka dapat bereksplorasi dengan bermacam-macam warna yang mereka tuangkan dalm sehelai bahan yang sudah disiapkan oleh bu guru.

 

Mini theater pun menjadi salah satu kegiatan favorit anak-anak, kali ini sajian cuplikan yang disiapkan adalah tentang batik asli milik negeri kita tercinta. Cuplikan nya meliputi sejarah asal mulanya batik, cerita singkat tentang batik dan cerita kartun tentang batik. Senang rasanya saat melihat reaksi anak-anak menanggapi cerita tentang batik tersebut.

“Miss… itu batik nya seperti punya mamahku..”ujar Freya

“Miss…. Lihat batik nya sama kaya yang aku pakai”… Aluna berkata

“…Berarti kalau ini batik mega mendung ya miss… “Ucap Abin.

Tidak hanya itu, Kami pun membawa mereka ke suatu ruangan yang kita namai dengan “Display Batik” dan ruangan tersebut menampilkan aneka corak batik koleksi baik koleksi ibu guru ataupun beberapa bahan yang bercorak batik yang akan makin meningkatkan pengetahuan anak anak tentang ragam batik Indonesia. Sampai-sampai ada yang ngeh salah satu nya itu adalah batik sekolah lhoooo…

Ada juga Cooking corner-Science corner; pada hari itu juga  bertepatan dengan “Hari Susu Nasional” maka untuk cooking dan science corner kami menampilkan dan menyiapkan kreasi susu untuk aneka salad buah dan bertepatan pula dengan tema buah dan sayur di kelas, selanjutnya untuk science kita berusaha mengenalkan susu sebagai bahan dasar membuat es krim sendiri secara manual. Alhamdulillah anak anak ternyata terheran heran dan takjub melihat perubahan yang terjadi saat melakukan percobaan sains sederhana…

 

“Miss… aku mau coba lagi nanti dirumah, seru nih kalo banyak jadi bisa makan es krim tiap hari ” kata Ayyubi…

Face-body painting, waaah… kegiatan ini tak kalah menariknya saat hari batik kemarin karena kita kedatangan seorang guru tamu yang mengenalkan kepada kami semua tentang keterampilan membatik di kulit kita. Luar biasa….. anak anak begitu antusias untuk digambar aneka bunga bahkan tokoh kartun yang di lukis di tangan, pipi atau pun wajah mereka. Dan ini pun menjadi hadiah menarik buat mereka untuk dibawa pulang dan diceritakan di rumah selain membawa buah tangan pensil batik dan kreasi batik hasil dari tangan mungil mereka sendiri… Senang dan bangga pokoknya.

Terimakasih banyak ibu dan bapak guru untuk pengalamannya hari ini…

kami  sangat bangga menjadi anak Indonesia.

Kami sangat bangga dengan ragam budaya.

Dan … kami sangat bangga dengan batik negeri kita…

Batik Kita… Kebanggan Kita

Asli Punya Orang Indonesia…!