Bismillaahirrahmanirrahiim,

Assalamualaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh,

Covid-19  wouldn’t  get  down  our  spirit  to  learn. Rasanya quote tersebut seringkali di ucapkan siswa SMA Islam Harapan Ibu setelah Badai Covid-19 menghantam seluruh bumi yang mana menyebabkan Menteri Pendidikan Indonesia Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A mengumumkan bahwa seluruh siswa dari semua tingkat satuan pendidikan melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau dikenal dengan SFH (School From Home). Seluruh lapisan yang bergerak pada bidang apapun termasuk pendidikan dituntut untuk melaksanakan tugasnya dengan cara yang tidak biasa dan umumnya akan dituntut untuk “melek” digital salah satunya yakni guru dan siswa yang melaksanakan kegiatan belajar mengajar jarak jauh.

Pembelajaran Jarak Jauh yang dilakukan oleh Sekolah Islam Harapan Ibu menggunakan moodle.

Apa itu moodle?

Moodle adalah singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment. Intinya, Moodle merupakan platform yang dibuat khusus sebagai sebuah sistem manajemen pembelajaran.

Banyak sekali fasilitas moodle yang menjadikan pembelajaran jarak jauh menjadi hal yang menarik bagi siswa bahkan fitur games untuk selingan siswa belajar pun sangat beragam. Testimoni siswa pun banyak sekali yang positif dan menyebutkan bahwa belajar dengan moodle itu seru!

Sekolah Islam Harapan Ibu sebetulnya mengenal moodle sudah lama bahkan sebelum pandemic covid-19 ada. Jadi siswa dan siswi sudha tidak shock dengan Moodle ini. Bedanya, jika dulu moodle menjadi fitur dampingan Guru mengajar, sekarang Moodle menjadi Pengajar dan Guru sebagai fasilitas serta mengawasi dari jarak jauh.

Penasaran dengan pembelajaran menggunakan moodle? Yuk gabung di Sekolah Islam Harapan Ibu!

-Gantina Raila, S.Pd