Anak anak kita…. Di usianya yang semakin bertambah maka akan semakin bertambah pula pertanyaan yang akan dilontarkan kepada para orang tua dan orang dewasa yang ada di sekitarnya. Diantara sekian banyak pertanyaan, sekian banyak kegiatan serta sekian banyak pengalaman yang di alami oleh anak anak diharapkan kedepannya mampu membuat anak anak menjadi anak anak yang mempunyai jiwa mandiri, trampil, kreatif, bertanggung jawab, serta mampu memiliki jiwa sosial yang tidak luntur sepanjang kehidupan mereka. Diantara rasa yang ingin di tumbuhkan sedari kecil adalah rasa berbagi kepada sesamanya. Dengan berbagi maka akan semakin memperdalam rasa syukur, dengan berbagi maka akan ikut meringankan beban, dan dengan berbagi maka akan mengalirkan limpahan kebaikan.

Dalam rangka menyambut datangnya bulan Muharram 1435 H, kami dari TK Islam Harapan Ibu akan mengadakan kegiatan “Santunan Yatim Piatu dan Dhuafa” sebagai aktualisasi nilai-nilai keimanan yang dianjurkan dalam Al-Quranul Karim. Salah satu nilai yang kita perkenalkan kepada para anak anak kita adalah nilai berbagi kepada yang membutuhkan. Bertepatan dengan bulan Muharram yaitu bulan lebarannya anak Yatim maka TK Islam Harapan Ibu mengadakan kegiatan berbagi bersama. Seperti yang diriwayatkan oleh Sahl bin Sa’ad, berkata Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

 أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِى الْجَنَّةِ هكَذَا »  وأشار بالسبابة والوسطى وفرج بينهما شيئاً
“Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya. Terlihat Nabi Besar Muhammada SAW mengajak serta mengajarkan kepada kita untuk perduli dan berbagi kepada para yatim yang ada di sekitar kita, sekaligus juga Nabi mengingtkan tentang balasan yang akan diterima kelak di “Hari Perhitungan”

Untuk meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat serta Hidayah-Nya kepada kita semua.
Untuk lebih memuliakan anak-anak yatim yang ada di sekitar kita.
Untuk memupuk rasa kekeluargaan.
Untuk meningkatkan Iman dan Taqwa.

Kegiatan Santunan Yatim dan dhuafa yang diselenggarakan di TK Islam Harapan Ibu rutin diadakan setiap tahun di Bulan Muharram. Untuk tahun ini kegaitan Santunan jatuh pada jum’at tanggal 6 November 2015. Selanjutnya yang menjadikan berbeda dari kegiatan Santunan di tahun ini adalah isi acara Santunan yang dipenuhi oleh penampilan siswa siswi PG-TK Islam Harapan Ibu dengan menampilkan kebolehannya bernyanyi, bermain, gerak dan lagu serta mengajak bereksperimen para tamu yang hadir di hari tersebut.

Pagi itu… jumat penuh barokah… teman teman yatim dan dhuafa dari lingkungan Pondok Pinang, serta dari siswa TK yang ada di sekitar Pondok Pinang yang berjumlah 100 di saling berbagi, saling membantu serta tersenyum dan tertawa bersama menikmati acara yang di tampilkan.

Diawali dengan pembukaan oleh MC kemudian pembacaan Bismillah dan Al Fatihah semoga acara yang di niatkan karena Allah SWT semata hari itu berjalan sukses penuh kelancaran. Penampilan pertama dibuka oleh para siswa dari PG-TK Islam harapan Ibu yang bernyanyi bersama dengan 3 lagu berturut turut, “Assalmu alaikum”; “Rosul Menyuruh kita”; serta “Rukun Islam”. Terlihat begitu antusias penuh semangat dalam bernyanyi dan juga tersenyum gembira karena banyk tamu yang hadir di hari itu. Selanjutnya di ikuti dengan penampilan selanjutnya dari Kelas PG Bulan – Bintang yang menmpilkan kebolehnnya mengenalkan aneka huruf dan gambar. Tepuk tangan tampak mengiringi PG Bulan Bintang yang terlihat berani percaya diri tampil di depan para tamu undangan. Penampilan selanjutnya dari kelas K1 Mina-Madina yang menampilkan gerak dan lagu tentang cerita kehidupan para ikan yang tinggal di laut. Tampak para siswa menjadi ikan yang malu malu yang kemudian ditangkap oleh ikan sedang yang kemudian di tangkap lagi oleh ikan yang besar dan…. Akhirnya di tangkap lagi oleh ikan paus biru. Seru… melihat merika bergaya. Menyusul penampilan selanjutnya adalah eksperimen dari K2 tentang “walking water”.

Terlihat secara bergantian anak anak mampu berbagi tugas memperlihatkan kepada para tamu yang hadir hari itu tentang pembelajaran yang telah mereka peroleh selama di kelas science. Di susul lagi K1 dengan gerak dan lagu memperkenalkan olah badan tangan dan kaki yang selalu bergerak disetiap harinya. Selalu bergerak untuk mengayun, menangkap, melempar dan kesemuanya untuk melatih kelenturan motorik. Disusul lagi penampilan dari K2 yang