Melaksanakan Haji merupakan rukun islam yang ke-5. Sehingga kita sebagai orang muslim wajib hukumnya untuk melaksanakan ibadah haji bagi yang mampu. Hal ini sudah dikenalkan pada siswa dan siswi SD Islam Harapan Ibu. Manasik Haji yang dilakukan pada siswa dan siswi SD Islam Harapan Ibu ini merupakan simulasi ibadah Haji yang sesungguhnya. Siswa dan siswi SD Islam Harapan Ibu mempelajari tata cara melaksanakan Haji diantaranya mulai dengan menggunakan kain Ihram, Melempar Jumroh, Tahallul Awal, Tawaf, Sa’i.

Ihram

Siswa dan siswi SD Islam Harapan Ibu diharuskan menggunakan kain ihram sehingga pengenalan Manasik Haji ini dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Melempar Jumroh

Melempar jumroh dilakukan dengan mengambil batu berukuran kecil dan melemparkannya kedalam kolam. 

Tahallul Awal

Seperti layaknya Haji sesungguhnya para siswa dan siswi SD Islam Harapan Ibu melakukan Tahallul Awal atau yang biasa dikenal dengan memotong sebagian atau semua rambut. Pada tahap ini siswa dan siswi SD Islam Harapan Ibu hanya memotong sedikit rambut mereka yang dibantu oleh para guru.

Tawaf

Setelah itu para siswa dan siswi SD Islam Harapan Ibu melakukan Tawaf atau mengelilingi ka’bah sebanyak 7 kali.

Kegiatan-kegiatan yang tidak dapat dilakukan seperti Mabit di Mina, wukuf di  Padang Arafah, Mabit di Muzdalifah itu dilakukan secara lisan dengan diberikan penjelasan oleh guru.