Written by Ms.Endoh (Home teacher of 3B)
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kulit jengkol, bonggol jagung, daun brokoli, akar kangkung , adalah sampah organik. Sisa nasi, muntah kucing, daun rambutan, adalah juga sampah organik. Maka janganlah kau campurkan dengan bungkus permen, kemasan minyak goreng ,sachet sampo , dan pampers bayi yang anorganik.

‌Tahukah kau nak? Pupuk itu mahal tapi bahan dasar pupuk melimpah ruah.

Loh, kok?
Teori ekonomi tentang suply dan demand keliru, gitu ?

Lihatlah di pasar-pasar. Setiap hari pedagang sayuran menyisihkan terong petot menjadi sampah. Juga selaput tauge, kulit nangka, regang daun singkong dan wortel afkiran. Berkwintal bahkan berton-ton bahan organik dihasilkan dari pasar-pasar kita.

‌Juga ibumu nak..
‌Setiap hari ia membuang daun pembungkus tempe, kulit bawang, gagang cabe, akar bayam dan ampas kelapa. Coba hitung jika diakumulasikan semua sampah yang dihasilkan semua ibu di sekelilingmu. Pasti lebih banyak lagi.

‌Tahukah kamu nak.. jika sampah organik itu di proses menjadi pupuk kompos, maka kau akan mendapatkan pupuk dengan harga murah, bahkan gratis.

‌Tumbuhan di lingkunganmu akan subur karenanya. Dan kau akan menikmati buah-buahan segar seperti mangga, kecapi, jambu dan rambutan.

Jika kau belum memilikinya , kau bisa tanam mereka di halaman. Atau jika kau tidak memilii halaman, kau bisa gunakan ia untuk menanam buah dan sayuran dalam pot (tabulampot). Dan yang terakhir, nah ini dia pointnya, kau bahkan bisa menjualnya.

Nak, jadilah duta sampah organik. Buatlah perusahaan pengumpul sampah organik dari pasar dan rumah tangga. Ibu yakin kau akan menjadi pengusaha besar. Kau juga akan menciptakan peluang kerja bagi orang lain.

Jika kau kau gabungkan sampah yang berharga itu dengan sampah anorganik tadi, banyak kerugian yang kau dapatkan. Diantaranya adalah,

‌1. Kau persulit pemulung saat memilih sampah yang bisa dijual atau didaur ulang,

‌2.Truk2 sampah jadi overloaded karena keberatan sampah basah. Akibatnya frekuensi pengangkutan sampah ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir Sampah) akan mengecil.

‌3. Sampah kering dan basah akan menimbulkan bau menyengat yang merusak kesehatan

‌4. Negara kita akan selalu dikecam dan diberi label “Negeri Sampah”.

‌Ayolah nak.. ini penting..!!

source : google

 

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

3 COMMENTS