Enter your keyword

SMP Islam Harapan Ibu

Program Sekolah

SMP Islam Harapan Ibu adalah sekolah Islam yang mempunyai Visi yaitu menjadi :

“LEMBAGA PENDIDIKAN YANG BERLANDASKAN IMTAQ YANG MAMPU MEMBENTUK PESERTA DIDIK BERAKHLAK MULIA, KREATIF DAN UNGGUL DALAM IPTEK”.

Kami memilih visi ini untuk tujuan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Visi ini menjiwai warga sekolah kami untuk selalu mewujudkannya setiap saat dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan sekolah.

Visi tersebut mencerminkan profil dan cita-cita sekolah yang:

  1. Berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian
  2. Unggul dalam IMTAQ
  3. Unggul dalam pengembangan kurikulum
  4. Unggul dalam kelulusan
  5. Unggul dalam media pembelajaran
  6. Unggul dalam SDM pendidikan
  7. Unggul dalam prestasi akademik dan non akademik
  8. Unggul dalam prasarana pendidikan
  9. Sesuai dengan norma dan harapan masyarakat
  10. Bersifat mengikat bagi setiap aktivitas akademika SMP Islam Harapan Ibu
  11. Sebagai panduan pelaksanaan misi sekolah SMP Islam Harapan Ibu
  12. Menerapkan pilar dasar Yayasan Harapan Ibu dalam proses pembelajaran CHARACTER BUILDING, LANGUAGE, SCIENCE, ICT.

Misi SMP Islam Harapan Ibu

  1. Akhlak Mulia
  2. Menanamkan sikap kejujuran dalam diri peserta didik untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
  3. Membiasakan aktifitas 6S (Senyum, Salam, Sapa, Santun, Sabar dan Syukur.
  4. Kreatif
  5. Membiasakan sikap positif dalam segala bidang
  6. Menanamkan sikap kemandirian yang bertanggung jawab
  7. Iptek
  8. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dalam perkembangan iptek
  9. Menanamkan sikap kemandirian yang bertanggung jawab

Disetiap kerja komunitas pendidikan, kami selalu menumbuhkan disiplin sesuai aturan bidang kerja masing-masing, saling menghormati dan saling percaya serta tetap menjaga hubungan kerja yang harmonis dengan berdasarkan pelayanan prima, kerjasama, dan silaturahmi. Penjabaran misi diatas meliputi:

  1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap peserta didik berkembang secara optimal, sesuai dengan bakat dan potensi yang dimiliki
  2. Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah
  3. Mendorong dan membantu setiap peserta didik untuk mengenali potensi dirinya, sehingga dapat berkembang secara optimal
  4. Menumbuhkan dan mendorong keunggulan dalam penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
  5. Menumbuhkan penghayatan terhadap nilai-nilai ajaran agama yang dianut dan budaya bangsa sehingga terbangun peserta didik yang kompeten dan berakhlak mulia
  6. Mendorong lulusan yang berkualitas, berprestasi, berakhlak tinggi dan bertaqwa pada Allah SWT

Sambutan Kepala Sekolah SMP Islam Harapan Ibu

Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu’alaikum Wr Wb,

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan hidayah-Nya serta menghantarkan kita memasuki tahun ajaran 2014/2015. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Bapak/Ibu orang tua dan wali murid yang telah mempercayakan putra-putrinya untuk memperoleh pendidikan di SMP Islam Harapan Ibu.

Dengan semangat baru dalam merefleksikan visi dan misi sekolah, kami Kepala Sekolah beserta seluruh guru dan karyawan berusaha mewujudkan dedikasi dan dalam mendidik putra / putri Bapak dan Ibu menjadi anak yang disiplin, berprestasi, taat, bertanggung jawab, memiliki aspek kepedulian serta takut kepada Allah sehingga kelak menjadi panutan bagi keluarga, masyarakat dan memuliakan Allah.

Dalam rangka membantu Bapak dan Ibu agar dapat membimbing putra-putri mengikuti kegiatan di SMP Islam Harapan Ibu, maka kami menyusun buku program kegiatan sekolah tahun pelajaran 2014-2015. Buku ini berisi berbagai informasi penting tentang pelaksanaan program pendidikan di SMP Islam Harapan Ibu yang tahun ini mengunakan Kurikulum 2013 bagi kelas VII dan VIII dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) bagi kelas IX.

Menyadari bahwa Pendidikan yang dilaksanakan saat ini adalah pendidikan yang berkompetensi dimana tujuannya bukan hanya semata-mata untuk penguasaan disiplin ilmu, tetapi juga pengembangan Sikap/karakter dan Keterampilan anak, maka pendidikan dan pembelajaran di sekolah tidak lepas dari kerjasama dengan Bapak/Ibu selaku orang tua siswa. KIranya dengan kerjasama yang baik antara Bapak/Ibu dengan pihak sekolah dan sebaliknya serta semangat belajar dari para siswa, diharapkan akan membantu terciptanya kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang optimal.

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Kepala SMP Islam Harapan Ibu
Dra. Hj. Budi Suci Nurani, M.Pd