Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Harapan Ibu — At-Tabari atau lebih dikenal dengan nama populer Ibnu Jarir at-Tabari Merupakan seorang Sejarawan dan Ahli Tafsir Terkemuka kelahiran amul, Tabaristan (iran) pada tahun 225 H/839 Masehi.

Ibnu Jarir at-Tabari yang menghabiskan waktunya di Baqdad dengan pernah ditunjuk menjadi hakim oleh pemerintah baqhdad untuk menangani perkara-perkara terkait kezaliman dari pejabat setempat akan tetapi beliau tidak menerima jabatan tersebut.

Ibnu Jarir at-Tabari terkenal dengan kitab tafsirnya Jami’ al-Bayan fi Tafsir al-Quran atau lebih dikenal tafsir at-Tabari. kitab tersebut berorientasi pada tafsir hukum (fikih). selain itu beliau juga terkenal lewat karyanya iktilaf al-fuqaha’ (perbedaan pendapat para ulama).

Ketika menulis kitab tafsir at-tabari, beliau mengumpulkan bahan-bahan tentang tafsir bi al-ma’sur (tafsir Al-Qur’an dengan Al-Qur’an, hadist dan ijtihad dengan sahabat). Kitab ini berisi antara lain penemuan-penemuan hukum akidah dan fiqih yang disimpulkan dari Al-Qur’an.

Sampai saat ini kitab tafsir at-tabari telah menjadi sumber untuk menggali beberapa kenyataan dalam filofologi (Filologi adalah ilmu yang mempelajari bahasa dalam sumber-sumber sejarah yang ditulis, yang merupakan kombinasi dari kritik sastra, sejarah, dan linguistik).

Ketekunan Belajar dari Ibnu Jarir at-Tabari

Dalam dunia ilmu pengetahuan, at-Tabari terkenal tekun mendalami ilmu-ilmu yang dikuasainya. Ia berusaha untuk belajar terus tanpa mengenal waktu, hingga menguasai banyak bidang ilmu pengetahuan tentang Islam.

Pada zaman sekarang tentunya dengan banyaknya persaingan di masa mendatang ada baiknya kita sebagai generasi penerus bangsa tetap bersemangat dalam mencari serta mempelajari ilmu pengetahuan seperti yang dilakukan oleh Ibnu Jarir At-Tabari.

Sumber :
Wikipedia
Ensiklopedi Islam untuk Pelajar

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.