Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Perkembangan jaman yang begitu cepat terutama pada penggunaan teknologi yang saat ini kita mengetahui bahwa setiap elemen masyarakat menggunakan fasilitas teknologi sebagai swaka ilmu dan informasi serta sarana untuk menghibur diri dalam waktu luang.

Tidak luput juga peran serta anak-anak saat ini baik dimulai dari usia dini yang sudah sangat fasih dalam menggunakan gadget walaupun hanya sekedar untuk menonton video dari situs youtube ataupun bermain permainan edukasi yang di sediakan oleh orang tua.

Beberapa hal yang kadang menjadi ke-khilafan orang tua yang seharusnya berperan sebagai pengawas dan pengarah jika anak itu sendiri secara tidak sengaja disuguhkan oleh konten-konten yang belum semestinya dikonsumsi oleh anak.

Berikut beberapa tips sederhana dari sekolah islam harapan ibu agar gadget yang diberikan kepada anak selalu dalam mode pengawasan orang tua.

Membuatkan Email untuk Anak

Penulis disini menggunakan produk berbasiskan android jadi penulis menyarankan untuk setiap orang tua membuatkan email khusus untuk gadget anak dengan gmail yang merupakan produk google. Pertanyaannya kenapa orang tua harus membuatkan email kepada anak berbasiskan google.

Fitur yang mungkin saat ini tidak semua orang mengetahui bahwa device yang berbasiskan android bahkan jika kita ingin memonitoring apa yang dilakukan anak dalam berselancar di internet kita dapat melihat aktifitas yang dilakukan melalui fitur myactivity.google.com
Melihat tangkapan layar tersebut akan membantu kita untuk mengawasi anak mengenai kebiasaan mereka dalam menggunakan gadget yang telah kita berikan karena kita dapat mengetahui secara garis besar dimulai dari waktu menggunakan gadget, log youtube, log pencarian google serta log internet.

Dengan log tersebut kita dapat memberikan pengertian kepada anak jika memang kita temukan hal-hal yang negatif yang berdampak buruk pada masa depannya.

Menjadi teman Anonymous pada Sosial Media Anak

Selain kita berteman menggunakan akun sosial media milik kita ada baiknya kita juga membuat sebuah akun anonymous yang kita masukan kedalam akun sosial media milik anak kita karena terkadang anak selangkah lebih maju pada beberapa statusnya mereka bisa menggolongkan akun keluarga sebagai group khusus agar tidak dapat melihat recent update mereka.

Memeriksa Sesekali

Kepercayaan antaran orang tua kepada anak tentunya sangat penting tapi pada zaman ini kita harus sesekali untuk mengawasi anak yang kelak akan berdampak negatif untuk masa depannya. Jika memang perlu kita dapat memeriksa gadget anak sesekali untuk mengetahui apa yang tidak seharusnya dan jika kita menemukan sesuatu ada baiknya kita memberikan nasehat yang baik dengan cara yang baik.

Demikian tips sederhana dari kami semoga bermanfaat bagi ayah dan bunda serta pembaca setia pada website sekolah islam harapan ibu.

“Internet Sehat bukan hanya peran serta pemerintah dan lembaga pendidikan akan tetapi peran serta keluarga sangat penting pada era teknologi seperti sekarang”

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.