Jakarta – Yayasan Harapan Ibu Pondok Pinang beserta kepengurusannya dari unit SD, SMP, dan SMA memperingati Hari Pahlawan 10 November yang jatuh pada hari Minggu selanjutnya dilaksanakan pada hari Senin, 11 November 2019 dengan cara Upacara Bendera Bersama di Hall Jenderal Soerjo Wirjohadipoetro. Pada upacara peringatan Hari Pahlawan ini yang menjadi petugas upacara yaitu dari unit SMP Islam Harapan Ibu dan sebagai Pembina Upacara dipimpin oleh bapak Sekretaris Yayasan Harapan Ibu yaitu bapak H. Bambang Prajuritno, S.H.

Dalam amanatnya, beliau mengatakan bahwa “…10 November adalah peristiwa yang sangat heroik akan perjuangan para pahlawan kita dalam melawan tentara Inggris. Dalam hal ini, peperangan yang dipimpin oleh Bung Tomo dengan pekikan semangat kemerdekaan ‘Merdeka atau Mati’. Hal ini untuk memberikan semangat membara kepada rakyat dalam melawan tentara Inggris. Dalam Upacara inilah kita mengingat kembali peristiwa 10 November sebagai bentuk refleksi terhadap negara Indonesia, teringat akan pidato Ir. Sukarno mengatakan bahwa ‘Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya’…”

Dalam memperingati Hari Palawan 10 November ini, Yayasan Harapan Ibu Pondok Pinang mengajak semua unit pendidikan untuk terus mengenang sejarah peperangan 10 November di Surabaya guna untuk mengambil pelajaran dari peristiwa tersebut. [latif]